Header Ads

Taekwondo

Taekwondo

  Taekwondo adalah seni bela diri Korea. Ini menggabungkan tempur dan teknik pertahanan diri dengan sportand latihan . Gyeorugi  , sejenis sparring , telah menjadi acara Olimpiade sejak tahun 2000 . Taekwondo dikembangkan oleh berbagai master Korea selama 1940-an sebagai kombinasi parsial taekkyeon , karate Okinawa dan tradisi lainnya . Nama taekwondo diciptakan oleh Choi Hong Hi yang diklaim sebagai pendiri dan pencipta taekwondo oleh Federasi Taekwondo Internasional . [ 1] Federasi Taekwondo Dunia mengklaim bahwa pembangunan taekwondo adalah upaya kolaborasi . [ 2 ] Ada dua cabang utama perkembangan taekwondo , meskipun mereka tidak saling eksklusif .                     
                Tradisional taekwondo biasanya mengacu pada seni bela diri seperti yang didirikan pada 1950-an dan 1960-an di militer Korea Selatan , dan di berbagai organisasi sipil , termasuk sekolah dan universitas . Secara khusus , nama dan simbolisme pola tradisional sering merujuk kepada unsur sejarah ofKorean , budaya dan filosofi agama . Tradisional Taekwon-Do dapat merujuk ke International Taekwon - Do Federation .
                 Olahraga taekwondo telah berkembang dalam beberapa dekade sejak 1950-an dan mungkin memiliki fokus yang agak berbeda , terutama dalam hal penekanan pada kecepatan dan persaingan (seperti dalam perdebatan Olimpiade ) . Olahraga taekwondo pada gilirannya dibagi menjadi dua gaya utama. Satu gaya dipraktekkan oleh International Taekwon-Do pengikut dan diciptakan pada tahun 1955 oleh Choi Hong Hi . Gaya lainnya berasal dari Kukkiwon , sumber dari sistem sparring sihap gyeorugi . Gaya ini kini acara di Olimpiade musim panas dan diatur oleh World Taekwondo Federation ( WTF ) . The Kukkiwon - atau World Taekwondo Headquarters - adalah pusat tradisional untuk WTF taekwondo dan didirikan pada tahun 1973 oleh Dr Kim Un Yong .

               Meskipun ada doktrin dan teknis perbedaan antara perdebatan dalam dua gaya utama dan di antara berbagai organisasi , seni pada umumnya menekankan tendangan dan punch terlempar dari suatu sikap bergerak . Pelatihan Taekwondo umumnya mencakup sistem blok , tendangan , pukulan , dan terbuka tangan pemogokan dan juga dapat mencakup berbagai mengambil - downs atau menyapu , melempar, dan kunci bersama. Titik-titik tekanan , yang dikenal sebagai jiapsul , digunakan serta meraih teknik pertahanan diri yang dipinjam dari seni bela diri lainnya , seperti judo Jepang , atau Korea Hapkido , atau gulat Korea atau Ssireum .
              Dalam bahasa Korea , tae ( 태 ,跆) berarti " untuk menyerang atau menghancurkan dengan kaki "; kwon ( 권 ,拳) berarti " untuk menyerang atau menghancurkan dengan tinju " , dan lakukan ( 도 ,道) berarti "jalan " , " metode " , atau " jalan " . Dengan demikian , taekwondo mungkin longgar diterjemahkan sebagai " jalan kaki dan tangan . " [ 3 ] Nama taekwondo juga ditulis sebagai Taekwon-Do , tae kwon -do atau tae kwon do oleh berbagai organisasi .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.